Home Rekomendasi Makanan 9 Minuman yang Mengatasi Dehidrasi Selain Air Putih

9 Minuman yang Mengatasi Dehidrasi Selain Air Putih

by Karin Noran
9 Minuman yang Mengatasi Dehidrasi Selain Air Putih

Ada berbagai minuman yang mengatasi dehidrasi selain air putih dan mungkin belum banyak diketahui oleh orang-orang. Dehidrasi merupakan hal yang bisa terjadi ke siapa saja, baik itu anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Kekurangan cairan pada tubuh bisa menyebabkan dehidrasi, maka dari itu penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Apa itu dehidrasi? Merupakan suatu kondisi di mana cairan tubuh yang keluar lebih banyak dibandingkan cairan yang masuk. Kalau tubuh sudah dehidrasi maka tubuh tidak bisa berfungsi dengan semestinya.

Kita mengetahui bahwa air putih punya peranan yang sangat penting dalam tubuh dan pastinya minum air putih yang cukup mampu mencegah dehidrasi. Tapi selain air putih, apa saja minuman yang mengatasi dehidrasi? Dalam pembahasan ini kami akan memberikan 9 minuman selain air putih yang membantu mengatasi dehidrasi pada tubuh, mari kita simak hingga usai.

9 Minuman yang Mengatasi Dehidrasi Tubuh Selain Air Putih

Mari kita simak penjelasan di bawah ini:

1. Infused water

Yang pertama adalah infused water, anda tentu sudah tidak asing dengan pilihan yang satu ini dan kerap kali dijadikan sebagai pengganti air putih. Sebenarnya bahan utama untuk pembuatan infused water adalah air putih namun dengan tambahan potongan buah sehingga rasanya lebih menyegarkan.

Agar lebih sehat, infused water tidak perlu ditambahkan dengan gula. Tambahkan beberapa potong buah ke alam air putih dan simpan beberapa jam di dalam lemari pendingin. Buah yang bisa dijadikan untuk infused water adalah lemon, jeruk, mentimun, stroberi, dan kiwi.

2. Air kelapa

Tubuh yang mengalami dehidrasi membutuhkan lebih dari sekedar cairan. Sebagian kasus dehidrasi membutuhkan penggantian elektrolit yang hilang seperti urin dan keringat. Air kelapa mempunyai kandungan yang begitu dahsyat, karena ada lima elektrolit utama yang tersedia di air kelapa yaitu natrium, fosfor, kalium, magnesium, dan kalsium.

Inilah yang menyebabkan air kelapa dapat dijadikan sebagai minuman yang mengatasi dehidrasi selain air putih. Air kelapa mampu memberikan cairan yang begitu dibutuhkan oleh tubuh ketika mengalami dehidrasi.

3. Jus buah tanpa gula

Bagi anda yang senang mengonsumsi jus buah, minuman ini bisa dijadikan sebagai pengganti air putih ketika mengalami dehidrasi. Ada 85% air yang terkandung dalam jus buah sehingga membuatnya menjadi pilihan tepat untuk mengatasi dehidrasi.

Pada buah-buahan terkandung vitamin yang menyehatkan, tapi akan lebih baik tidak menambahkan gula ke dalamnya. Jadi 100% jus buah asli yang anda konsumsi tanpa tambahan gula sama sekali. Karena jus yang mengandung gula tambahan bisa menghambat hidrasi tubuh.

4. Smoothies

Smoothies tidak hanya lezat dan menyegarkan namun bisa anda jadikan sebagai minuman yang mengatasi dehidrasi. Berbagai jenis buah dengan kandungan air yang tinggi bisa anda manfaatkan untuk dibuat smoothies. Ketika membuatnya, anda bisa menambahkan susu murni atau air kelapa sehingga kandungan cairannya lebih tinggi lagi.

5. Susu

Tidak hanya membantu memenuhi cairan tubuh, susu juga mengandung protein, sedikit lemak, dan karbohidrat yang bisa membuat anda bersemangat dan berenergi kembali. Sebagai pilihan minuman yang baik, susu bisa dijadikan salah satu minuman untuk mengatasi dehidrasi karena mengandung banyak elektrolit.

6. Sup kaldu

Layaknya air kelapa ternyata sup kaldu juga punya kandungan elektrolit dan air yang tinggi lho. Kombinasi tersebut sangat tepat untuk dijadikan sebagai minuman yang mengatasi dehidrasi. Apalagi kaldu yang digunakan adalah kaldu tulang dan sup dengan protein hewani yang sangat penting untuk persendian juga.

7. Teh

Minuman yang disukai oleh banyak orang ini bisa membantu mengatasi tubuh yang mengalami dehidrasi. Tapi pastikan teh yang dikonsumsi bebas kafein ya, seperti teh peppermint, teh bunga chamomile, dan teh roseship. Kandungan antioksidan dalam teh sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, pastinya teh bisa menghidrasi tubuh.

8. Buah semangka, melon, dan blewah

Semangka, melon, dan blewah memang bukan minuman, namun ketiga buah ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga sangat cocok untuk anda yang mengalami dehidrasi. 152 gram semangka mentah mengandung 92% air, untuk melon dan blewah mengandung 90% air untuk porsi yang sama dengan semangka. Jika cuaca sedang panas, anda bisa mengonsumsi buah-buahan tersebut dalam keadaan dingin untuk mencegah dan membantu mengatasi dehidrasi.

9. Minuman elektrolit

Dan yang terakhir adalah minuman elektrolit untuk mengatasi dehidrasi. Pilih minuman elektrolit yang aman bagi tubuh dan anda bisa meminumnya setelah melakukan aktivitas padat atau selesai berolahraga. Biasanya minuman elektrolit ini mengandung gula dalam jumlah tinggi, perhatikan setiap kandungan gula di kemasan minuman elektrolit dan sebaiknya pilih yang kandungan gulanya rendah.

You may also like

Leave a Comment