Home Rekomendasi Makanan 8 Manfaat Beras Porang yang Baik untuk Tubuh

8 Manfaat Beras Porang yang Baik untuk Tubuh

by Karin Noran
8 Manfaat Beras Porang yang Baik untuk Tubuh

Manfaat beras porang untuk tubuh begitu beragam dan rasanya pun tidak kalah nikmat dari nasi putih biasa. Beras sendiri merupakan salah satu makanan pokok untuk mayoritas masyarakat Indonesia. Beragam jenis beras terdapat di Indonesia dan anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan atau keinginan.

Dari banyaknya jenis beras yang ada, apakah anda pernah mendengar mengenai beras porang? Beras porang sendiri adalah beras yang asalnya dari umbi porang dengan nama latin Amorphophallus muelleri dan asli Indonesia lho. Beras ini juga sering disebut dengan beras shirataki karena asalnya dari tumbuhan, padahal shirataki dan porang merupakan umbi berbeda.

Umbi porang dan shiratasi sama-sama mengandung serat makanan alami larut dalam air atau glukomanan, tapi dibandingkan dengan shirataki kandungan glukomanan di beras porang lebih tinggi. Hal tersebut menjadikan beras porang mempunyai ragam manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita.

8 Manfaat Beras Porang untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini merupakan beberapa manfaat beras porang yang begitu baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kalori di beras porang jauh lebih rendah dibandingkan nasi putih. Jika anda mengonsumsi beras porang sebagai pengganti nasi putih maka membantu menurunkan berat badan. Apalagi beras porang juga membuat tubuh kenyang lebih lama.

Kalau anda sedang program menurunkan berat badan, kami sarankan mengonsumsi beras porang. Tapi sertai juga dengan konsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Beras porang membantu menurunkan risiko penyakit jantung karena beras tersebut bisa membantu memperlambat penyerapan dari kolesterol. Glukomanan di beras porang bisa menurunkan trigliserida, gula darah puasa, menurunkan kolesterol jahat, dan kolesterol total.

3. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Terdapat senyawa glukomanan di beras porang yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, karena senyawa tersebut akan dimetaboliesme oleh bakteri pada usus kita. Dengan demikian sembelit pun bisa berkurang. Senyawa tersebut juga mampu mengurangi iritasi usus.

4. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sangat penting menjaga sistem kekebalan tubuh atau sistem imun agar tubuh tidak mudah sakit. Oligosakarida merupakan gula sederhana yang terkandung di beras porang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Oligosakarida membantu menjaga membran penghalang tubuh, dengan demikian tubuh pun terlindungi dari infeksi maupun alergi. Manfaat beras porang ini bisa anda dapatkan dengan mengonsumsinya dengan takaran yang cukup.

5. Menjaga Kadar Gula Darah

Kadar gula yang tinggi di beras biasa berbeda dengan beras porang. Di beras porang kandungan gulanya rendah, sehingga membantu menjaga kadar gula darah. Beras tersebut memperlambat terserapnya kolesterol tubuh dan gula dalam darah.

6. Membantu Mengatasi Diabetes

Manfaat beras porang yang selanjutnya yaitu membantu mengatasi diabetes. Mannan dan polisakarida manosa pada beras porang kadarnya tinggi, kedua kandungan ini dapat membantu penderita diabetes agar bisa makan tanpa rasa khawatir gula darah naik. Glukomanan juga mendukung pengontrolan penyakit diabetes tipe-2. Tapi dalam hal ini dibutuhkan penilitian lebih lanjut ya.

7. Kaya Antioksidan

Glukomanan di beras porang menjadi sumber antioksidan yang sangat penting untuk menangkal stres oksidatif pada tubuh. Stres oksidatif sendiri disebabkan oleh radikal bebas yang bisa merusak sel-sel di tubuh. Sejumlah penyakit kronis disebabkan oleh radikal bebas seperti penuaan dini, jantung, hingga kanker.

8. Melawan Peradangan

Dan manfaat beras porang yang terakhir yaitu melawan peradangan di tubuh. Peradangan seringkali terjadi karena produksi sitokin pro-inflamasi yang berlebih. Kalau sitokin pro-inflamasi produksinya tidak terkendali maka bisa menyebabkan penyakit kronis dan gangguan kesehatan lainnya.

Glukomanan di beras porang mampu mengurangi sitokin pro-inflamasi sehingga mampu melawan peradangan.

You may also like

Leave a Comment