Home Rekomendasi Makanan 10 Makanan Sehat Mencegah Jerawat

10 Makanan Sehat Mencegah Jerawat

by Karin Noran
10 Makanan Sehat Mencegah Jerawat

Wajah mulus, sehat, glowing, dan cerah adalah dambaan setiap orang. Tapi perlu dicatat bahwa semua orang juga pasti mengalami masalah di kulit wajah, baik itu kusam, terkelupas, komedo, pori besar, atau jerawat. Berbicara mengenai jerawat, masalah kulit yang satu ini memang identik dengan seseorang yang punya tipe kulit berminyak atau acne prone skin. Namun faktanya semua orang di dunia pasti pernah mengalami jerawat. Sehubungan dengan hal tersebut, di sini kami akan membahas tentang makanan sehat mencegah jerawat.

10 Makanan Sehat yang Mampu Cegah Jerawat

10 Makanan Sehat Mencegah Jerawat

Kemunculan jerawat adalah hal yang begitu menakutkan, terutama bagi para wanita. Bahkan ada jerawat yang sekalinya muncul bisa secara berkelompok. Jika di wajah muncul jerawat maka bisa menurunkan rasa percaya diri, maka dari itulah banyak orang yang mencoba berbagai hal untuk mencegah dan mengurangi jerawat.

Selain penggunaan skincare dan jam tidur yang tepat, jerawat juga bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan sehat. Di bawah ini kami berikan daftar 10 makanan sehat mencegah jerawat yang pastinya mudah ditemukan, antara lain:

1. Pepaya

Makanan mencegah jerawat yang pertama adalah pepaya, buah yang satu ini sangat cocok dikonsumsi untuk seseorang yang kulitnya cenderung acne prone skin. Buah dengan enzim aktif papain ini sudah sejak lama dijadikan sebagai salah satu bahan pembuatan skincare.

Manfaatkan saja pepaya untuk dijadikan masker wajah, nantinya enzim papain di dalam masker pepaya mampu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati di kulit, kulit pun lebih terhidrasi, membersihkan pori, dan mencegah kembalinya jerawat di wajah anda. Tidak hanya mencegah jerawat, pepaya mengandung mineral, vitamin, dan antioksidan sehingga menyamarkan bekas jerawat dan meningkatkan elastisitas kulit.

2. Quinoa

Jenis biji-bijian yang satu ini mengandung nutrisi yang beragam, makanan tersebut juga dikenal sebagai makanan pokok masyarakat Indian di Pegunungan Andes. Kandungan serat, mineral, dan vitamin yang tinggi dalam quinoa begitu baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan serat dalam satu cangkir quinoa mencapai 17 hingga 27 gram, seperti yang diketahui serat begitu baik untuk kesehatan saluran pencernaan dan mampu mencegah terjadinya sembelit. Dengan mengonsumsi quinoa yang cukup, maka “sampah-sampah” yang tidak diperlukan di kulit akan ikut terbuang dan kulit anda lebih cerah dan sehat.

Selain itu quinoa juga mempunyai kandungan zink sehingga mampu mencegah dan mengatasi kulit yang sedang berjerawat. Manfaat zink juga sangat baik untuk mengurangi peradangan pada jerawat.

3. Gandum Utuh

Dengan anda mengonsumsi gandum utuh ternyata membantu mencegah munculnya jerawat. Makanan rendah gula dan sumber karbohidrat kompleks seperti gandum utuh mengurangi risiko munculnya jerawat. Kalau ada jerawat di wajah anda, coba kurangi konsumsi nasi dan perlahan bisa menggantinya dengan gandum utuh. Agar kandungan gizi lebih seimbang, variasikan gandum utuh dengan sayur dan buah ya.

4. Buah Beri-berian

Buah dengan golongan beri-berian seperti blueberi, stroberi, dan raspberi bisa anda konsumsi setiap harinya untuk mencegah dan membantu menyembuhkan kerawat. Buah yang termasuk golongan beri-berian ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga baik untuk kulit dan membantu menyamarkan noda bekas jerawat.

5. Salmon

Kemudian ada ikan salmon yang mengandung asam lemak omega-3, kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan kulit karena mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari dan menyamarkan noda hitam. Bukan hanya itu saja, kandungan omega-3 mampu mengurangi risiko kanker.

Kandungan vitamin, antioksidan, dan mineral dalam salmon sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Yang mana antioksidan sendiri berperan untuk menangkal radikal bebas dan menetralkan zat racun. Kombinasi antara antioksidan dan omega-3 dalam ikan salmon akan mengurangi peradangan di kulit. Kalau anda ingin jerawat cepat sembuh atau mencegah kemunculannya, konsumsi salmon secara cukup.

6. Labu

Sayuran yang satu ini tidak sulit untuk menemukannya, bahkan harganya pun relatif terjangkau. Sebagai salah satu makanan yang bisa mencegah jerawat, labu mengandung asam alfa hidroksi dan zink yang mampu menghaluskan tekstur kulit dan menjaga keseimbangan pH kulit.

Zink dalam labu membantu mengontrol produksi minyak, hal ini sangat baik untuk anda yang memiliki jenis kulit oily skin karena mampu mencegah terjadinya jerawat. Manfaatkan labu dengan mengonsumsinya secara langsung atau dihaluskan untuk dijadikan sebagai masker.

7. Kale

Sebelumnya apakah anda pernah mengonsumsi sayuran yang satu ini? Kalau belum, cobalah anda segera mengonsumsinya karena kale kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit anda. Kale juga mengandung vitamin C untuk meningkatkan produksi kolagen dalam kulit, sehingga proses penyembuhan jerawat bisa berlangsung lebih cepat.

8. Ubi

Ubi mengandung vitamin A yang terkenal akan kemampuannya dalam mengatasi dan mencegah jerawat karena lapisan pelindung kulit (skin barrier) diperbaiki, meratakan warna kulit, meredakan peradangan, dan membersihkan pori sehingga terhindar dari jerawat. Anda dapat mengonsumsi ubi dengan cara direbus, jangan lupa untuk mengonsumsinya secara rutin ya.

9. Kacang-Kacangan

Kemudian ada kacang-kacangan, sebenarnya masyarakat Indonesia masih ada yang meyakini bahwa kacang bisa menyebabkan jerawat, benarkah demikian? Nyatanya kacang tanah, kacang lentil, dan kacang merah adalah sumber makanan rendah gula yang baik untuk tubuh.

Dengan mengonsumsinya dalam batas wajar maka kadar gula darah jadi lebih stabil dan mencegah jerawat muncul. Tapi kalau anda punya alergi kacang-kacangan, sebaiknya kacang bisa dikonsumsi dengan mencampurkannya ke salad atau sup.

10. Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kulit. Selain itu ada kandungan pH yang tinggi untuk membantu mengurangi peradangan dan mengontrol minyak berlebih di wajah anda. Hal tersebut membuat jerawat anda akan lebih jarang muncul.

Asam sitrat yang terkandung di dalamnya mampu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit lebih lembut dan cerah. Sel kulit mati perlu diangkat secara berkala agar tidak menimbulkan komedo yang menyumbat pori.

Itulah 10 makanan sehat mencegah jerawat yang bisa anda coba untuk mengurangi atau mencegah munculnya jerawat di wajah. Tidak hanya bermanfaat untuk kulit wajah saja, dengan mengonsumsi secara rutin dalam batas wajar, makanan sehat tersebut pastinya baik untuk tubuh.

Selain makanan di atas, untuk merawat kulit berjerawat dan mencegahnya muncul kembali sebaiknya ganti sarung bantal secara rutin, bersihkan wajah sebelum tidur, hindari makanan yang mengandung minyak berlebih, istirahat cukup, minum air putih cukup, dan terapkan pola hidup sehat.

Anda juga bisa melihat pembahasan kami yang lain yaitu makanan untuk kulit sehat dan cantik. Demikian pembahasan kali ini semoga bisa bermanfaat untuk anda ya!

You may also like

Leave a Comment